orang menasbihkan diri sebagai pecinta mobil tertentu, namun hanya  sedikit orang yang benar-benar peduli maksud dan sejarah dari logo mobil  kesayangan.
Logo tak hanya sekedar simbol identitas visual  suatu produk otomotif. Tapi, logo punya fungsi penting -- memperkenalkan  produk ke pasar dunia.
Ada tiga tipe logo mobil yang kini dikenal, berbentu simbol, teks, maupun kombinasi antarkeduanya.
Yang jelas, ada maksud tertentu atau kisah di  balik sebuah logo yang bisa membuat penasaran. Ini cerita dan fakta  menarik di balik logo mobil-mobil top dunia.
Mercedes Benz
Logo bintang segitiga Mercedes punya arti khusus -- dominasi perusahaan yang meliputi darat, laut, dan udara.
Sedangkan nama Mercedes berasal dari seorang  pengusaha Austria dan pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia memiliki  seorang anak bernama Mercedes.
Jellinek tak hanya menjual mobil  Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG) namun berpartisipasi dalam balap  motor pertama di Jerman. Saat itu dia mengendarai kendaraan yang dibuat  DMG di balik nama samarannya, Mercedes.
Saat itu, Mercedes merujuk ke nama tim dan  pengemudi. Namun, saat ini Mercedes adalah hasil merger dua perusahaan  mobil, Daimler-Motored-Gesellschaft atau DMG, yang didirikan oleh  Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang  didirikan oleh Karl Benz.
Logo saat ini, bintang dalam lingkaran, diperkenalkan untuk pertama kalinya di 1937.
Audi
Insinyur Jerman, August Hoch mendirikan perusahaan A. Horc & Cie pada 1899.
Satu dekade kemudian, dia terpaksa hengkang dari  perusahaan yang didirikannya. Tak patah arang, bersama patner  bisnisnya, Franz Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru.
Ketika mendiskusikan nama perusahaan barunya,  putra Fikentscer yang sedang belajar Bahasa Latin di sudut ruangan  menanyakan arti 'audiatur et altera pars' [bukankah ide bagus untuk  menyebutnya Audi bukannya Horch?]
Kata 'Horc' adalah singkatan dari kata  'mendengar' dalam Bahasa Jerman. Sementara Audi adalah kata latin yang  juga berarti 'mendengar'.
Kemudian, pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch, DKW, dan Wanderer merger menjadi satu perusahaan, Auto Union.
Kemudian dipilihlah logo berupa empat cincin  yang bertautan, simbol penyatuan empat perusahaan yang jadi kebanggaan  sekaligus rahmat bagi mereka hingga saat ini.
BMW
Logo lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran terbagi  empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling.
Itu melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru.
Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai  pemasok utama mesin pesawat terbang, misalnya 'Red Baron' untuk  pemerintah Jerman selama Perang Dunia I.
Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW.
Kondisi tak punya pilihan saat itu, justru  membuat BMW berkreasi. Arah bisnis berubah. Perusahaan tersebut mulai  dengan membuat rem kereta api, lalu sepeda bermotor, sepeda motor, dan  lalu mobil -- yang mendunia.
Chevrolet
Ada dua kisah mengenai logo Chevrolet, 'bowtie'. Yang pertama, pendiri  perusahaan, William C Durant terinspirasi kertas pelapis dinding di  sebuah hotel di Perancis. Dia merobeknya untuk dijadikan logo.
Versi cerita berbeda datang dari istrinya.  Dikatakan, inspirasi emblem bowtie datang dari sebuah surat kabar  Virginia -- ketika mereka berlibur di daerah Hot Springs, Virginia,  sekitar tahun 1912
Ferrari
Simbol 'Cavallino Rampante' alias kuda jingkrak Ferrari ternyata punya cerita menarik.
Simbol itu aslinya adalah emblem para penerbang  Italia dalam Perang Dunia Kedua. Simbol itu dipakai juga Franceco  Baracca -- penerbang Italia yang gugur dalam perang.

Ketika  Enzo Ferrari memulai perusahaan mobil miliknya, dia menggunakan logo  tersebut di mobil balap Alfa Romeo, atas dorongan orang tua Baracca.
Kemudian, 'kuda jingkrak' tak hanya dipasang di  mobil Ferrari. Popularitasnya melebihi yang diperkirakan. Kini, logo  Ferrari bisa ditemukan di sepeda, kaos, dan apapun yang bisa  dibayangkan.
Logo mobil asal Amerika Serikat ini sederhana,  dengan huruf 'Ford' yang ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih  dari 50 tahun.
Bentuk huruf ini diperkenalkan Harold Wills -- rekan dekat Henry Ford.
Ketika remaja, Wills mencari uang dengan membuat kartu nama.
Ketika rekannya, Henry Ford mencari logo untuk  perusahaannya, Wills menyodorkan set cetakan tuanya dan model huruf yang  digunakan di masa remajanya untuk mencetak kartu nama.
Pada 1912, lingkaran oval ditambahkan dalam logo  Ford. Pada 1927, logo juga mengalami perkembangan, warnanya menjadi  biru. Logo terakhir -- oval biru ini dirilis 2003 untuk menghormati 100  tahun Ford Motor Company.
Lamborghini
Beberapa logo mobil mencerminkan selera sang pemilik. Salah satunya logo 'banteng mengamuk' di Lamborghini.
Pendiri perusahaan, Ferrucio Lamborghini adalah penggila matador, sampai-sampai memilihnya sebagai logo perusahaan mobilnya.
Banyak mobil Lamborghini yang diberi nama banteng yang telah mendapatkan penghargaan dalam event-event dunia.
Renault

Perusahaan Renault didirikan oleh Louis Renault ketika baru berusia 21  tahun. Logo pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault  bersaudara, Louis, Ferdinand, dan Marcel.
Perusahaan ini juga punya logo khusus untuk tank  militer -- setelah tank ringan produksi perusahaan Renault, FT-17  digemari selama Perang Dunia I.
Logo bentuk berlian diperkenalkan pada tahun 1925 dan didesain ulang  pada tahun 1972 oleh desainer terkenal Victor Vasarely. Logo yang  berlaku saat ini, berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol  kualitas.
Volkswagen
Sederhana tapi mengena, itu yang menggambarkan logo mobil Volkswagen.  Logo VW adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana dan cepat  dikenal di dunia.
Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang lingkaran warna biru.
Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti 'mobil rakyat'.
Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan Franz Reimspiess.
Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik -- dimulai pada 1930-an, era Nazi Jerman.
Adalah ide Hitler untuk memulai produksi mobil  dengan harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler dan Gercinand Porsche  mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua orang  dewasa dan tiga anak kecil.
Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak  memproduksi kendaraan militer ketimbang mobil untuk rakyat -- membuka  kedok di balik maksud Hitler sebenarnya.
Volvo
Volvo berarti 'saya berputar' dalam bahasa latin. Kata Volvo berasal dari kata latin 'volvere' yang berarti berputar.
Logo Volvo adalah simbol kuno untuk besi -- yakni lingkaran dengan anak panah menunjuk ke atas secara diagonal ke kanan.
Simbol ini juga merepresentasikan 'Mars' dewa perang. Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk fitur keselamatan.
Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan tradisi kuat industri besi Swedia.
Logo Volvo terpasang di atas latar belakang biru.
Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris mengambil alih pabrik Volkswagen dan mencoba menjualnya.
Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW, yang dianggap inferior.
Namun, VW berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia.
Hyundai
Perusahaan mobil Korea Selatan ini memiliki slogan 'Drive your way' ini  memiliki logo huruf 'H' dikelilingi bentuk oval -- menggambarkan  keinginan kuat perusahaan untuk mendunia.
Huruf H yang miring dan bergaya, juga  menggambarkan simbol dua orang -- representasi perusahaan dan pelanggan  -- sedang berjabat tangan.
Toyota

Dari kejauhan, logo Toyota mirip huruf 'T' yang berarti 'Toyota'.
Namun, jika diamati lebih dekat, logo mobil Jepang itu terdiri dari tiga bentuk oval.
Dua oval yang saling bertautan menyerupai huruf  'T' merepresentasikan hubungan saling menguntungkan dan saling  mempercayai antara pelanggan dan Toyota.
Latar belakang oval yang lebih besar  menggambarkan perkembangan kemajuan teknologi dan kesempatan tak  terbatas bagi perusahaan untuk terus maju.....
ada-ada saja Fakta Menarik di Balik Logo Mobil di Dunia ini..
terima kasih..semoga bermanfaat........